Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Cenderawasih, Program Studi Magister Akuntansi. JAAA menyediakan forum interaktif sebagai penghubung antara dunia akademik dan praktik di bidang akuntansi, audit, dan asset.

Focus and Scope:

Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Cenderawasih, Program Studi Magister Akuntansi. JAAA menyediakan forum interaktif sebagai penghubung antara dunia akademik dan praktik di bidang akuntansi, audit, dan asset.

JAAA berorientasi pada penyediaan kontribusi teori maupun praktis dalam mendukung upaya pengambilan keputusan bagi organisasi publik maupun swasta di Indonesia. Terbit dua edisi dalam setahun pada bulan Mei dan November, JAAA menerbitkan karya akademik dalam semua aspek yang relevan bagi pengembangan teori dan praktik pada bidang akuntansi, audit, dan aset. Publikasi karya akademik mencakup (namun tidak terbatas pada) aspek teoritis, konseptual, dan empiris yang dilakukan dengan berbagai pendekatan penelitian, yaitu metode kuantitatif, kualitatif, dan campuran (mixed methods).

Editorial Policies

Peer Review Process

Artikel yang dikirim ke Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) melewati proses evaluasi dua tahap, yakni pre-review dan review substasi.

Pre-review artikel dilakukan oleh tim editorial guna mengevaluasi kesesuaian artikel yang dikirim dengan fokus dan ruang lingkup jurnal (focus and scope) dan pedoman penulian jurnal (author guidelines). Tahapan ini termasuk pemeriksaan plagiarisme yang dilakukan dengan menggunakan software Turnitin dan Google Scholar. Durasi pre-review berkisar antara 1-2 minggu.

Review substansi dilakukan oleh tiga reviewer (three-blinded review). Artikel yang dikirimkan oleh penulis akan direview oleh setidaknya tiga reviewer dengan durasi antara 3-8 minggu. Reviewer memiliki kewenangan penuh untuk meminta kembali penulis merevisi artikelnya. Keputusan penerimaan artikel untuk dipublikasikan adalah otoritas editor dengan mempertimbangkan saran dan rekomendasi dari reviewer.

Naskah artikel yang dikirimkan dinilai berdasarkan urutan keaslian (originalitas) dan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan, keandalan metodologi, koherensi analisis dan kecukupan diskusi dan kesimpulan, tata bahasa Indonesia yang sesuai EYD atau appropriate English.

Publication Frequency

Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) diterbitkan sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu setiap Bulan Mei dan November pada masing-masing volume.

Open Access Policy

Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa artikel tersedia secara bebas bagi publik dalam mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Publication Ethics

Pernyataan kode etik ilmiah merupakan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi artikel pada Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA). Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam proses publikasi artikel pada jurnal ini adalah pengelola, managing editor, reviewer, dan penulis (author). Unsur penting dalam kode etik publikasi mencakup tiga nilai etika, yakni:

  1. Objektivitas – bebas dari konflik kepentingan dan tidak dipengaruhi pendapat dan pertimbangan pribadi atau golongan dalam mengambil putusan publikasi.
  2. Keadilan – memberikan hak citations kepada yang berhak sebagai pengarang.
  3. Kejujuran – naskah artikel harus bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit JAAA:

  1. Penerbit Jurnal memastikan bahwa naskah artikel yang diterbitkan dalam jurnal telah melalui proses review yang komprehensif dengan melibatkan Reviewer, melewati proses revisi, editing, bebas plagiarisme, penelaahan, dan layout yang sesuai dengan petunjuk penerbitan jurnal ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal memastikan kebebasan akademik bagi Editor dan Reviewer dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal memastikan proses review dan publikasi naskah artikel yang akuntabel dan transparan. Penerbit memastikan Penulis (Author) mendapatkan hak-haknya dalam proses publikasi.
  4. Penerbit Jurnal memastikan menjaga privasi dalam proses publikasi dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor JAAA:

  1. Editor Jurnal memastikan bahwa dalam keputusan penerimaan artikel, naskah artikel telah layak dipublikasikan dengan mempertimbangkan rekomendasi dari Reviewer.
  2. Editor Jurnal memastikan bahwa naskah artikel yang dipublikasi telah mengacu pada author guidelines. Editor memastikan bahwa naskah artikel bebas dari plagiarisme.
  3. Editor Jurnal memastikan bahwa proses penelaah naskah artikel berasaskan kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah artikel dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideologi politik Penulis (Author).
  4. Editor Jurnal memastikan privasi Penulis terkait naskah artikel yang dikirimnya, dan tidak memberitahu Penulis tentang siapa yang telah mereview naskah artikelnya.
  5. Editor Jurnal memastikan bahwa naskah yang tidak lolok review dan tidak diterbitkan dalam jurnal tidak digunakan oleh Editor Jurnal untuk kepentingan pribadinya.

Tanggung Jawab Reviewer JAAA:

  1. Reviewer Jurnal memberikan rekomendasi terhadap naskah artikel yang telah direview berdasarkan argumentasi yang jelas.
  2. Reviewer Jurnal memastikan proses review berjalan sesuai durasi waktu yang ditentukan. Apabila Reviewer terlambat atau berhalangan mengirimkan rekomendasinya, Reviewer Jurnal perlu segera mengkomunikasikan kepada Editor Jurnal.
  3. Reviewer memastikan kutipan dan referensi naskah artikel yang direview telah digunakan dengan tepat.
  4. Reviewer Jurnal menjaga kerahasian informasi yang diterimanya, dan tidak menggunakan informasi yang diterimanya dari naskah artikel untuk kepetingan pribadinya.

Tanggung Jawab Penulis (Authors)

  1. Penulis memastikan bahwa naskah artikel yang dikirimnya sudah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal (focus and scope).
  2. Penulis memastikan bahwa naskah artikel yang dikirimnya sudah sesuai dengan author guideliness dan template yang disediakan.
  3. Penulis wajib mengakui karya orang lain dengan mengutip secara tepat sesuai petunjuk Jurnal.
  4. Penulis mamastikan bahwa penyajian naskah artikel merupakan hasil pemikiran Penulis yang dilakukan secara jelas, jujur, dan bebas plagiarism.
  5. Penulis tidak keberatan apabila naskah artikelnya mengalami editing dan penyutingan tanpa mengubah substansi naskah artikelnya.
  6. Penulis diwajibkan membuat surat pernyataan bebas plagiarism.

Kebijakan Cek Plagiarisme

Setiap naskah artikel yang dikirimkan ke Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) akan mengalami proses pengecekan plagiarime (plagiarism checking). Hasil pemeriksaan Turnitin tidak boleh melebihi 20%, dan apabila naskah artikel memiliki lebih dari 20% kemiripan, naskah artikel tersebut akan ditolak oleh Editor dan dikembalikan kepada Penulis (Author) untuk evaluasi kutipan dan daftar pustaka yang digunakannya.

Biaya Publikasi

Jurnal Akuntansi, Audit, dan Aset (JAAA) saat ini tidak memberikan Biaya apapun kepada penulis, baik dalam proses penerimaan artikel dan artikel yang akan dipublikasikan.

    Biaya Proses Artikel : Rp. 0

    Biaya Publikasi Artikel : Rp. 0

Oleh sebab itu, Penulis (Author) memiliki kesempatan untuk mengirimkan naskah artikel anda untuk dipublikasi di JAAA.